Monday, 28 September 2020

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Medan Memfasilitasi Pemulangan PMI Deportasi Malaysia

-

00.08 11 August 2020 231

UPT BP2MI Medan Memfasilitasi Pemulangan PMI Deportasi Malaysia

Medan, BP2MI (11/08) - - Unit Pelayanan Teknis Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Medan menfasilitasi pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI-B) yang dipulangkan Ke Surabaya Melalui Bandara Kuala Namo International Airport (KNIA) sebanyak 1 Orang a.n. Sri Atin dengan No. Paspor C 4401280 (56 Tahun) yang dibantu pemulangannya oleh Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) Penang (09/08/2020). 

PMI Sri Atin berasal dari Dusun Lodalem Desa Arjowilangun Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang Jawa Timur, beliau berangkat bekerja ke Malaysia karena ingin membiayai anaknya sekolah. 

Sri Atin bekerja di Malaysia selama 8 (delapan) Bulan tanpa Permit Kerja (Non Prosedural) dibagian Cleaning Servis dengan Penggajian 2 Bulan Gaji Dipotong Calo, 2 (dua) Bulan gaji Sudah dibayarkan Majikan dan 4 (empat) bulan belum dibayarkan Gajinya oleh Majikan. 

Sri Atin melarikan diri ke KJRI Penang, karena gaji belum dibayar dan Sri Atin sudah 3 (tiga) bulan di penampungan KJRI Penang untuk menunggu proses pengurusan dokumen kepulangan. Sri Atin pun menyampaikan bahwa dia diwajibkan membayarkan denda ke Imigrasi Malaysia sebesar RM 2.300. 

Kepala UPT BP2MI Medan Syahrum memerintahkan Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan Moh. Fuad Wahyudi untuk memberikan pelayanan pelindungan yang baik dan humanis kepada Sri Atin selama di Shelter PMI dan mempersiapkan dokumen serta tiket kepulangan untuk Sri Atin. 

Pemulangan Sri Atin diberangkatkan dari bandara KNIA, Selasa pukul 09.00 WIB dengan Tiket Lion Air JT 972 dan akan transit di Batam. Untuk memonitor keberadaan Sri Atin, UPT BP2MI Kepri sudah disurati meminta bantuan dalam penanganan Pemulangan Sri Atin selama di Batam, agar Sri Atin merasa aman dan nyaman keberangkatannya ke kampung halaman. 

Tim Pemulangan UPT BP2MI Medan memproses pemulangan dibagian administrasi sampai mendampingi PMI memasuki pesawat dan memberikan informasi kepada petugas bandara KNIA bahwa PMI sudah Bebas Covid 19 dan layak dipulangkan ke Daerah Asalnya. ** (Humas/UPT BP2MI Medan/Hasiloan)