Friday, 8 December 2023

Berita

Berita Utama

BP3TKI Denpasar Dampingi Pemulangan Jenazah PMI Asal Nusa Lembongan

-

00.10 23 October 2019 1537

BP3TKI Denpasar Dampingi Pemulangan Jenazah PMI Asal Nusa Lembongan

Denpasar, BNP2TKI (23/10)­ - Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Denpasar menerima informasi dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Frankfurt mengenai pemulangan jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Nusa Lembongan, Bali atas nama Luh Putu Sekiari Lindawati. Jenazah diterbangkan dari Brussel pada tanggal 20 Oktober 2019 dan tiba di Bali pada tanggal 21 Oktober 2019 pukul 19.30 WITA.

Kepala BP3TKI Denpasar, Soleh Hidayat, S.E. menyebutkan PMI Luh Putu Sekiari Lindawati bekerja  sebagai kru river cruise Rhein Princess di Jerman dan meninggal karena terjatuh di Sungai Rhein pada tanggal 3 Oktober 2019. Jenazah baru ditemukan sebelas hari kemudian. Tim SAR setempat kesulitan melakukan penelusuran dikarenakan cuaca buruk dan derasnya arus sungai.

Soleh juga mengatakan tim BP3TKI Denpasar memantau proses pengurusan kargo jenazah dilanjutkan ke Rumah Sakit Dharma Yadnya guna sterilisasi jenazah. Pada tanggal 22 Oktober 2019, tim BP3TKI Denpasar ikut serta memulangkan jenazah ke Banjar Kaja, Kelurahan Lembongan di Pulau Nusa Lembongan.

Kedatangan jenazah Luh Putu Sekiari Lindawati disambut oleh isak tangis pihak keluarga yang ditinggalkan. Jenazah rencananya akan dimakamkan pada hari itu juga sesuai dengan ketentuan adat Lembongan. BP3TKI Denpasar sudah melakukan serah terima jenazah dan pemberian santunan kepada pihak keluarga yang diwakili paman almarhumah, I Wayan Kariana. Terang Soleh.

“Kami sangat berterima kasih atas perhatian pemerintah terhadap permasalahan yang dialami keponakan saya. Saya pribadi merasa bersyukur karena jenazah keponakan saya dapat dipulangkan dengan cepat berkat kerjasama semua pihak terkait, baik user, manning agent, kepolisian Jerman, Kementrian Luar Negeri, dan BNP2TKI,” kata  I Wayan Kariana.*** (Humas/BP3TKI Denpasar).