Wednesday, 21 August 2019

Agenda Unit Kerja

Inspektorat

Warga Papua Ingin Ada Perwakilan BNP2TKI di Papua

-

00.11 9 November 2017 1423

Jayapura, BNP2TKI (9/11/2017) -- Untuk pertama kalinya, Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Makassar memperkenalkan program Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P2TKI) di wilayah kerjanya yang terjauh, yakni di Propinsi Papua. Sebagaimana diketahui, BP3TKI Makassar adalah unit kerja BNP2TKI yang wilayah kerjanya paling luas, mencakup Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Sosialisasi dilaksanakan pada Tanggal 8 November 2017, bertempat di Gedung KONI Kota Jayapura dan dihadiri sebanyak 125 peserta yang terdiri dari SKPD terkait dan perwakilan tokoh-tokoh masyarakat serta suku. Hadir sebagai narasumber Kasubdit Sosialisasi BNP2TKI, Joko Purwanto, Anggota DPR RI Komisi IX dari Fraksi Partai Gerindra, Robert Rouw, Kepada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua, Yan Piet Rawar, serta kepala BP3TKI Makassar, Mohd. Agus Bustami.

Dalam sesi diskusi pada sosialisasi tersebut terungkap dua poin penting yang merupakan asprasi masyarakat Papua yang disampaikan kepada Anggota DPR RI Komisi IX, Robert Rouw. Pertama, masyarakat menginginkan adanya pendidikan maupun pelatihan agar memiliki keterampilan yang memadai untuk bekerja. Kedua, sehubungan dengan banyaknya warga Papua yang bekerja di Papua Nugini, warga Papua meminta agar ada perwakilan BNP2TKI di Papua.

Yan Piet Rawar membenarkan bahwa memang banyak warganya yang berangkat bekerja ke Papua Nugini terutama di sektor Perkebunan dan Pertambangan, dan mereka hanya bermodalkan Surat Jalan dari Dinas Tenaga Kerja setempat. Banyaknya warga yang bermigrasi ke Papua Nugini salah satunya sangat didukung oleh kondisi jarak dari Papua ke Papua Nugini yang sangat dekat, yang dapat ditempuh hanya dalam waktu dua jam.

Menindakanjuti aspirasi warganya, Robert Rouw berencana untuk menemui kepala BNP2TKI, Nusron Wahid guna membahas perihal pembukaan kantor perwakilan BNP2TKI di Papua.***(Humas-BP3TKI Makassar/MA)