Saturday, 14 December 2019

Agenda Unit Kerja

Deputi Perlindungan

Penyelesaian Masalah dan Meningkatkan Sinergisitas Instansi Dalam Perlindungan CTKI/ TKI di Sumbawa

-

00.10 2 October 2017 585

Jakarta, BNP2TKI-----Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI Indonesia (BNP2TKI) mengadakan kegiatan penyelesaian masalah Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) secara terintegrasi selama dua hari di Sumbawa, NTB, pada Sabtu- Minggu (28-29/9/2017) lalu.  


Acara ini merupakan inisiasi BNP2TKI dan dihadiri Deputi Perlindungan, Teguh Hendro Cahyono sebagai perwakilan BNP2TKI, Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril, B.Sc. didampingi Kepala Dinas Ketenagakerjaan Propinsi NTB, H. Wildan, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa, Syafruddin Nur. Pembukaan acara diawali kata sambutan dari Bupati Sumbawa, HM. Husni Djibril, B.Sc.


Deputi Perlindungan BNP2TKI, Teguh Hendro Cahyono mengapresiasi kesediaan Bupati berkenan membuka acara ini dengan baik. Alasan BNP2TKI memilih Nusa Tenggara Barat (NTB) khususnya Sumbawa, karena posisi NTB sangat penting dalam pemetaan kasus TKI terutama kasus-kasus seperti penempatan non prosedural, putus komunikasi, TKI bermasalah dengan penggunanya di luar negeri serta trafficking (perdagangan manusia).


“Posisi NTB ini sangat penting dalam pemetaan kasus TKI karena disini cukup banyak kasus-kasus yang menimpa para TKI di luar negeri maupun bagi para CTKI yang hendak berangkat ke luar negeri”, ujar Deputi Perlindungan, Teguh Cahyono.


Kepala Dinas Propinsi NTB, H.Wildan, mewakili seluruh warga NTB mengapresiasi pilihan BNP2TKI menyelenggarakan kegiatan penyelesaian masalah CTKI/TKI secara terintegrasi di NTB.


Deputi Perlindungan BNP2TKI, Teguh Cahyono berharap Bupati Sumbawa dan seluruh jajarannya untuk melakukan pembenahan pelayanan terhadap TKI berbasis IT (Teknologi Informasi), bersinergi meningkatkan pencegahan dan memberantas praktek yang melanggar regulasi, memberikan fasilitas kepada TKI yang sakit, kemudian yang perlu biaya ke luar negeri dan memberdayakan TKI Purna.


“Saya berharap pemerintah kota Sumbawa, terutama Bupati dan seluruh jajarannya agar lebih memperhatikan dalam pelayanan dan penanganan terhadap TKI serta pemberdayaan TKI Purna, ini sangat penting dilakukan”, tegas Teguh Hendro Cahyono.


Hal ini disampaikan Teguh, sesuai dengan tema acara “Penyelesaian Masalah CTKI/TKI Secara Terintegrasi, Meningkatkan Sinergisitas Instansi Dalam Perlindungan CTKI/ TKI di Sumbawa”.


Untuk diketahui, sejak 1998, TKI dari Sumbawa telah memberikan sumbangan terbesar bagi ekonomi Sumbawa, oleh karena itu pemerintah Sumbawa harus lebih intens lagi dalam melakukan penanganan dan pelayanan kepada para CTKI/TKI dan TKI purna.


Menanggapi hal ini, Bupati Sumbawa, HM. Husni Djibril mengaku sangat berbahagia dan berharap acara ini memberikan manfaat besar bagi kabupaten Sumbawa seluruhnya.
“Kami semua sangat bahagia dengan adanya acara ini, semoga memberikan manfaat yang baik untuk masyarakat Sumbawa seluruhnya”, ungkap Bupati Sumbawa.

(Humas/MLD)