Saturday, 14 December 2019

Program Prioritas Nasional

Upgrading Skill CTKI

Upgrading skill Bahasa Inggris Untuk CTKI Kapal Pesiar dan Chef

-

00.11 18 November 2017 3354

Jakarta, BNP2TKI Jumat,(17/11) - Deputi KLN dan Promosi BNP2TKI, Drg. Elia Rosalina Sunityo, MARS, M.Si berharap Calon Tenaga Kerja Indonesia dapat menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar, guna memenuhi kualitas dan kemampuan CTKI dalam berbahasa Inggris. BNP2TKI terus menyelenggarakan program upgrading skill dibeberapa daerah di Indonesia, antara lain di Jakarta.

Upgrading Skill bahasa Inggris di Jakarta dilaksanakan bagi 60 orang CTKI angkatan ke empat yang akan bekerja ke luar negeri pada sektor Hospitality di Kapal Pesiar, kata Elia di sela Pembukaan Program Peningkatan Kualitas Kompetensi & Bahasa (Upgrading Skill) Calon Tenaga Kerja Indonesia pada Rabu, (15 November 2017) di Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN) Putra Al Irshad Mandiri Jakarta.

Elia menyebutkan program Upgrading skill ini diharapkan akan meningkatkan kompetensi serta kemampuan bahasa Inggris para CTKI yang akan bekerja ke luar negeri. Kedepan nantinya tidak hanya peluang kerja sektor Hospitality di kapal pesiar (Seabased) saja, tapi untuk jabatan Chef dengan tujuan penempatan Negara Australia (Landbased), untuk memenuhi permintaan tenaga chef di Australia dengan gaji dan fasilitas yang sangat bagus. “Total permintaan sebanyak 500 orang tenaga kerja untuk jabatan chef dengan gaji sekitar 45 juta sampai dengan 50 juta rupiah perbulannya, dengan kontrak kerja selama 3 tahun dan ditempatkan di hotel dan restaurant besar di Australia. Saat ini kita baru bisa penuhi 40 orang saja, dan masih banyak yang belum terpenuhi tapi harus memenuhi kulifikasi yang dipersyaratkan antara lain Diploma bersertifikat, pengalaman kerja sebagai Chef minimum 3 tahun yang paling penting harus lulus tes IELTS 5.0 atau TOEFL 500, dan lulus test food, “ ujar Elia.

Elia juga mengungkapkan BLKLN Putra Al Irshad Mandiri ini telah melaksanakan Upgrading Skill sebanyak 3 kali pada sektor hospitality untuk kapal pesiar dengan tujuan Amerika, Kanada dan Eropa dan yang hari ini dibuka adalah yang ke empat kalinya. Untuk angkatan 1 dan 2 dengan jumlah 50 orang, sebagian besar telah ditempatkan di kapal pesiar tersebut, dan angkatan 3 sebanyak 30 orang yang sedang dalam proses penempatan. Lebih lanjut Kepala BLKLN PT. Putra Al Irshad Mandiri H.Sofyan mengatakan sebagai CTKI yang mendapatkan kesempatan baik untuk bekerja keluar negeri, harus memiliki persiapan yang matang dan memiliki sehat jasmani dan rohani. Tanpa sehat jasmani dan rohani CTKI tidak akan bisa bekerja keluar negeri, Kata H. Sofyan.

Direktur Operasional PAM’s, Yudi Lontoh juga mengatakan kepada peserta angkatan ke empat ini bahwa upgrading skill ini adalah proses pembekalan sebelum memulai bekerja di industri perhotelan atau kapal pesiar, para peserta diminta agar lebih serius dalam mengikuti program pemerintah ini, Para instruktur di BLK ini sangat mendukung program pemerintah dimana peningkatan mutu dan kualitas CTKI lebih terangkat dengan adanya upgrading skill, Jadi mohon dipergunakan dengan sebaik-baiknya program ini untuk bekal dimasa mendatang.

Hadir dalam acara tersebut jajaran Kedeputian KLN dan Promosi BNP2TKI, BP3TKI Jakarta, perwakilan PT Ratu Oceania Raya dan para instruktur upgrading skill bahasa Inggris.**** (Humas)