Saturday, 19 October 2019

Berita

Berita Utama

Penyelenggaraan Ujian Bahasa Jepang JFT-BASIC Bagi Para Calon Pekerja Baru yang Ingin Bekerja ke Jepang dengan Visa SSW

-

00.10 11 October 2019 1662

-

Jakarta, BNP2TKI (1/10) - - Sejak tanggal 1 April 2019, Pemerintah Jepang  telah menetapkan kebijakan penerimaan pekerja asing untuk bekerja dengan menggunakan ijin tinggal (visa) Pekerja Berketerampilan Spefisik (Specified Skilled Workers/SSW). Indonesia merupakan salah satu negara yang dapat memanfaatkan kebijakan baru Jepang tersebut bagi warga negaranya yang ingin bekerja ke Jepang setelah menandatangani Memorandum Kerja Sama (MOC) antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Jepang mengenai Kerangka Kerja Dasar untuk Pengoperasian Sistem yang Benar bagi Tenaga Kerja Asing dengan Status Residen “Specified Skilled Worker” pada tanggal 25 Juni 2019 di Jakarta.

Calon pekerja yang dapat melamar pekerjaan dengan visa Pekerja Berketerampilan Spesifik tersebut harus memenuhi kriteria di antaranya adalah mereka yang pernah magang kerja di Jepang (dibuktikan dengan dokumen resmi yang dikeluarkan pihak Jepang), mereka yang pernah bekerja sebagai careworker melalui skema penempatan antara Pemerintah I-JEPA serta calon pekerja baru (new comer) yang telah lulus ujian Japan Foundation Test Basic (JFT-Basic) serta ujian keterampilan (skill test) sesuai bidang profesi yang ditawarkan.  

Ujian JFT-Basic diselenggarakan dengan bentuk Ujian Berbasis Komputer (CBT: Computer Based Testing). Pengerjaan ujian akan dilakukan dengan menggunakan komputer yang tersedia di tempat ujian berlangsung pada masing-masing negara. Oleh karena itu, peserta ujian akan menjawab soal-soal yang ditampilkan pada layar komputer atau audio yang diperdengarkan melalui headphone.

Pelaksanaan ujian JFT-Basic untuk Indonesia akan dilakukan pada tanggal 27, 29, 30, 31 Oktober 2019 dan tanggal 7, 8, 9, 13, 14, 17 November 2019 di Jakarta. Ujian ini terdiri atas 4 bagian yaitu “Teks & Kosakata”, “Percakapan & Ungkapan”, “Menyimak” dan “Membaca”. Jumlah soal kira-kira terdiri dari 60 soal dengan waktu ujian selama 60 menit. Tidak ada batasan waktu pengerjaan soal untuk setiap bagian.

Japan Foundation di Jakarta telah membuka pendaftaran untuk mengikuti ujian JFT-Basic dan mengundang warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan dan berminat bekerja ke Jepang untuk mendaftar. Untuk informasi lebih lanjut mengenai JFT-Basic dan melakukan pendaftaran dapat dilakukan melalui situs https://www.jpf.or.id/id/jftb/ *** (Humas)

Selanjutnya

FAQ SSW Jepang