Tuesday, 19 November 2019

Berita

Berita Utama

P4TKI Sambas Usung Tema: Bekerja Aman ke Luar Negeri dalam Pameran Pembangunan Kab. Sambas Tahun 2019

-

00.08 10 August 2019 602

(P4TKI) Sambas dalam Pameran Pembangunan di Halaman Aula Kantor Bupati Sambas, Rabu 30 Juli sampai Jumat, 9 Agustus 2019.

Sambas, BNP2TKI (9/8/19) - Dalam rangka HUT Kabupaten Sambas ke-388 dan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 Pemerintah Daerah (Pemda) Sambas menyelenggarakan Pameran Pembangunan di Halaman Aula Kantor Bupati Sambas, Rabu, 30 Juli sampai Jumat, 9 Agustus 2019. Pada kesempatan tersebut, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) melalui Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindngan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Sambas turut berpartisipasi sebagai peserta pameran dengan mengambil tema “Bekerja Aman ke Luar Negeri”. Pemilihan tema stand tersebut dilakukan sesuai dengan diskusi dan arahan dari Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Pontianak, Erwin Rachmat, dengan mempertimbangkan kondisi Kabupaten Sambas yang merupakan salah satu lumbung Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kalimantan Barat.

Erwin menjelaskan bahwa, partisipasi P4TKI Sambas sebagai salah satu unit kerja BP3TKI Pontianak dalam pameran ini adalah untuk mendiseminasikan informasi tata cara dan prosedur untuk bekerja ke luar negeri sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku kepada khalayak luas di Kabupaten Sambas.
 
Stand P4TKI Sambas juga menyediakan layanan informasi pasar kerja luar negeri, sehingga para pengunjung bisa mendapatkan informasi lowongan kerja melalui Skema P3MI dan Program G to G. Di samping itu, disediakan pula layanan konsultasi dan informasi penempatan dan pelindungan PMI dan penjualan produk-produk hasil pembinaan PMI Purna. Salah satu produk unggulan yang ditampilkan dan dipasarkan adalah PMI Purna pengrajin kain Songket Tenun Sambas yang cukup diminati pengunjung pameran.

Bupati Sambas, H. Atbah Romin Suhaili, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Sambas, H. Uray Tajudin, dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sambas dalam kunjungannya mengapresiasi partisipasi P4TKI Sambas dalam Pameran Pembangunan ini. Atbah berharap, akan ada peningkatan pengetahuan masyarakat tentang bekerja aman ke luar negeri dan juga meningkatnya angka penempatan pekerja migran yang resmi dari Kabupaten Sambas. 
Sementara itu Sekda Sambas dalam sambutannya sebagai Ketua Panitia menyampaikan bahwa P4TKI Sambas merupakan instansi vertikal yang mengikuti pameran ini setiap tahun. Ini salah satu bukti bahwa ada sinergi antara Pemerintah Daerah Sambas dan BNP2TKI dalam komitmen peningkatan pekerja migran prosedural. 

Peserta pameran ini terdiri dari unsur SKPD, Instansi Vertikal, BUMD/BUMN serta TNI/Polri. Pameran ini diselenggarakan sekaligus dengan rangkaian acara Hari Kesatuan Gerak PKK se-Kalimantan Barat yang dipusatkan di Kabupaten Sambas. * (Humas/BP3TKI Pontianak/P4TKI Sambas)