Wednesday, 21 August 2019

Berita

Berita Utama

OJK SulutGoMalut dan BP3TKI Manado Adakan Edukasi Keuangan Bagi PMI Purna dan Keluarganya

-

00.08 12 August 2019 133

Foto bersama usai kegiatan edukasi keuangan bagi PMI Purna dan Keluarganya, Tombato, Minahasa Tengah, Jumat (9/8/19)

BNP2TKI, Senin (12/8/2019)___Otoritas Jasa Keuangan Sulawesi Utara Gorontalo Maluku Utara bekerjasama dengan BP3TKI Manado menyelenggarakan edukasi keuangan dalam rangka pemberdayaan usaha makro kecil dan menengah (UMKM) bagi pekerja migran Indonesia (PMI) purna dan keluarganya. Acara yang diselenggarakan di Desa Tombatu Kabupaten Minahasa Tenggara ini dihadiri oleh 45  peserta yang terdiri dari pekerja migran eks. negara Singapura, Taiwan dan Hongkong berserta dengan beberapa keluarga PMI. Selain menghadirkan pemateri dari pihak OJK, acara ini juga turut menghadirkan pemateri dari pihak perbankan yaitu Bank BNI serta pemateri dari Pegadaian kota Manado, Jumat (9/8/2019).

Acara ini dihadiri Deputi Perlindungan BNP2TKI Anjar Prihantoro, Kasubdit Kerjasama Antar Lembaga Direktorat Pemberdayaan BNP2TKI Abri Danar Prabawa, Kepala BP3TKI Manado Hard F. Merentek serta dari pihak OJK yaitu Kepala Kantor OJK SulutGoMalut Slamet Wibowo yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Deputi Perlindungan BNP2TKI menyampaikan apresiasi kepada pihak OJK karena telah mendukung program pemberdayaan PMI.  

“Terima kasih kami ucapkan kepada pihak OJK yang telah mendukung agar acara ini terselenggara dengan baik. Kami berharap agar kerjasama yang baik ini dapat terus berlanjut demi kepentingan PMI kita” ungkapnya.

 Anjar juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan acara ini juga bertujuan agar PMI dapat lebih memahami pengelolaan keuangan agar penghasilan yang sudah didapatkan di luar negeri tidak menjadi sia-sia.

 “Edukasi keuangan ini diselenggarakan dengan tujuan agar PMI baik yang sudah pulang ke tanah air maupun yang akan bekerja di luar negeri, memahami cara mengelola keuangannya dengan baik sehingga dapat didorong untuk membuka usaha sendiri di daerahnya dan memajukan daerah asalnya” katanya.

Adapun materi yang disampaikan kepada peserta adalah Pengenalan Singkat mengenai OJK, Perencanaan dan Pelaporan Keuangan, materi mengenai UMKM yang disampaikan oleh pihak Pegadaian serta materi mengenai KUR yang disampaikan oleh pihak Bank BNI. Selama seharian penuh, peserta yang hadir terlihat begitu antusias dengan materi yang dibawakan oleh narasumber terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta khususnya materi mengenai pengelolaan keuangan dan mengenai UMKM.

Ditemui di tempat penyelenggaraan acara, Hard F. Merentek selaku kepala BP3TKI Manado berharap agar sinergitas yang baik dengan pihak OJK ini dapat terus berjalan.

 “ kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif karena acara ini adalah salah satu bentuk dukungan terhadap program pemerintah untuk meningkatkan literasi keuangan khususnya PMI,  PMI purna beserta keluarganya. Tentu saja kami berharap agar kedepannya OJK dan BP3TKI Manado dapat terus menjalin kerjasama untuk penyelenggaraan kegiatan serupa”katanya.**(Humas/MSD/Pengantar Kerja BP3TKI Manado/Editor:Lily)