Tuesday, 19 November 2019

Berita

Berita Utama

Kegiatan Pemberdayaan di Kabupaten Jember Membawa Optimisme Bagi PMI Purna dan Keluarga

-

00.10 21 October 2019 320

Kegiatan Pemberdayaan PMI Purna di Kabupaten Jember

Jember, BNP2TKI - - Kabupaten Jember mendapatkan giliran disambangi oleh BNP2TKI dalam kegiatan Pemberdayaan untuk para PMI Purna dan Keluarganya. Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari yaitu dari tanggal 20 – 25 Oktober 2019, bertempat di aula Desa Karanganyar Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Kegiatan ini hadiri oleh para pemangku kebijakan yaitu Deputi Perlindungan Dr. Anjar Prihantoro Budi Winarso, S.E., M.A., Direktur Pemberdayaan Agustinus Gatot Hermawan, S.H., M.H., Kepala LP3TKI Surabaya Ma’rub, S.E., M.Si., Koordinator P4TKI Banyuwangi Muhammad Iqbal, S.H., Kasi Penempatan Kerja Disnaker Kabupaten Jember Sugeng Heri Mulyono, PJ. Kepala Desa Karanganyar Suwandi S. Sos., M.Si. serta mitra lokal dan binaan BNP2TKI para Co.  KKBM Jember turut hadir dalam kegiatan ini.

Kegiatan diikuti sebanyak 25 orang peserta yang merupakan PMI Purna dan Keluarganya, dengan negara tujuan yang bervariasi serta sebagian dari peserta telah memiliki usaha.Kegiatan dibuka oleh Deputi Perlindungan sembari menyampaikan pesan kepada peserta bahwa PMI Purna memiliki kesempatan besar untuk meningkatkan kapasitas dirinya.

 “Melalui kegiatan ini saya berharap hasil yang telah didapatkan di luar negeri akan memberikan dampak yang besar bagi kesejahteraan PMI dan keluarganya. Para PMI Purna dapat meningkatkan kesejahteraannya dengan cara berwirausaha sehingga selain dapat mensejahterakan dirinya sendiri, mereka juga mampu mensejahterakan anggota keluarga serta masyarakat dilingkungannya. Ucap Anjar.

Sementara itu Kepala LP3TKI Surabaya dalam sambutannya bahwa kegiatan ini tidak pernah terjadwal sebelumnya, namun karena adanya revisi anggaran yang telah dilakukan oleh LP3TKI Surabaya maka kegiatan Pemberdayaan di Jember ini dapat terlaksana bersama 2 lokasi lainnya yaitu Sumenep dan Ponorogo.

Selain diberikan pengetahuan mengenai literasi keuangan dan kewirausahaan, PMI Purna juga akan diberikan pelatihan membuat batik dengan menggandeng pelaku usaha batik di Jember. Pemateri dan trainer yang terlibat tidak hanya berasal dari Internal BNP2TKI namun juga mengundang Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jember serta Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jember untuk menjadi pemateri. ** (Humas/LP3TKI Surabaya/MI)