Saturday, 14 December 2019

Berita

Berita Utama

BP3TKI Padang Lepas  150 PMI Formal Ke Malaysia

-

00.12 3 December 2019 158

-

Padang, BNP2TKI  (3/12) Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Padang melepas sebanyak 150 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) Formal yang akan berangkat bekerja ke Malaysia.  PMI   tersebut akan berangkat pada  4/12/2019.

“Kami, BP3TKI Padang mengucapkan selamat kepada anak-anak muda asal Sumatera Barat yang telah berhasil untuk lolos dalam proses rektut ini. Kami  juga mengucapkan selamat berjuang untuk bekerja ke luar negeri. Ingat tujuan untuk ke luar negeri adalah bekerja, jadi bekerjalah dengan sungguh-sungguh,“ ujar Kepala BP3TKI Padang, Lismia Elita, Selasa 3/11/2019.

Sesuai data BP3TKI Padang yang berasal dari Sitem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) diketahui hingga bulan November 2019 telah berangkat sebanyak 879 orang PMI asal Sumatera Barat ke Luar negeri. Mayoritas yang berangkat adalah perempuan dengan jumlah sebesar 639 orang PMI dan laki-laki dengan jumlah 240 orang PMI.

“Jumlah penempatan PMI Formal ke Malaysia di Sumatera Barat mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pada tahun 2019 ini, penempatan  PMI asal Sumatera Barat di BP3TKI Padang melebihi dari target yang ditentukan. Kami pun berharap angka penempatan tersebut menembus seribu pada akhir tahun ini,” jelas Lismia.

Tahun  2017 tercatat di SISKOTKLN sebanyak 1.258 orang asal Sumatera Barat yang berangkat kerja ke luar negeri. Sedangkan sebanyak 799 orang yang berproses untuk penempatan ke luar negeri di BP3TKI Padang.

Tahun 2018 tercatat sebanyak 1.412  PMI asal Sumatera Barat yang tercatat berangkat kerja ke luar negeri. Dari seribu lebih orang ini hanya sebanyak 903 orang yang berposes di BP3TKI Padang sedangkan 510 orang berproses di luar Sumatera Barat.

“Semoga ini menjadi salah satu moment dimana terdapat perubahan stigma dan stereotype masyarakat Sumatera Barat terhadap peluang kerja luar negeri. Semoga, pemuda asal Sumatera Barat dapat memanfaatkan peluang kerja luar negeri untuk mengurangi angka pengangguran dan membawa kesejahteraan bagi negeri ini. BP3TKI Padang juga berharap agar antusiasme dan kerjasama antar stake holder terkait dapat meningkat lebih baik lagi”, imbuh Lismia.

Kegiatan pelepasan PMI Formal ini juga telah diselenggarakan oleh P3MI Andalan Mitra Prestasi (AMP) sebelumnya pada bulan September lalu dengan melepas sebanyak 200 orang PMI asal Sumatera Barat ke Malaysia. Para PMI  akan bekerja pada sektor formal di Syarikat  Hartalega Sdn Bhd Malaysia sebagai operator produksi.***(Humas/Bp3tkipdg/Dba)