Tuesday, 19 November 2019

Berita

Berita Utama

BP3TKI Makassar Fasilitasi Pemulangan Jenazah PMI Sudirman Asal Jeneponto

-

00.11 8 November 2019 170

-

Makassar, BNP2TKI (08/11/2019) – Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Makassar kembali memfasilitasi pemulangan Jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI), Sudirman Bin Sumang asal Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan.

Pengantar Kerja BP3TKI Makassar, Nila Rahmawati, menyampaikan bahwa berdasarkan berita faks dari KJRI Kuching menyebutkan bahwa Almarhum meninggal pada Sabtu, (2/11/2019) di salah satu rumah sakit di Serawak, penyebab kematiannya karena shock due to community acquired pneumonia. Jenazah PMI Sudirman tiba di Cargo Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada Kamis (7/11/2019) pukul. 23.30 WITA.

Nila menyebutkan keterangan dari istri almarhum, Saira, bahwa almarhum bekerja di perusahaan Sarawak Palm Oil Sdn Bhd bersama istrinya selama kurang lebih 10 tahun. Sudirman bekerja sebagai mandor dan istrinya sebagai pembersih rumput. Saira mengungkapkan bahwa suaminya selama ini jarang mengeluh sakit. Namun begitu Sudirman dibawa ke rumah sakit, baru dua hari dirawat, dia pun menghembuskan nafasnya yang terakhir akibat penyakit pneumonia.

Lebih lanjut Nila juga mengatakan biaya pemulangan jenazah ditanggung oleh perusahaan tempatnya bekerja dengan didampingi oleh istri dan Patatalolo yang merupakan keponakan almarhum.

Sementara itu Kepala Seksi Perlindungan BP3TKI Makassar, Purworini Indah Setyasih, menyerahterimakan jenazah kepada keluarga yang diwakili istri almarhum sekaligus menyampaikan bahwa jika Saira ingin kembali bekerja ke Malaysia sebaiknya melalui jalur legal yang sesuai dengan prosedur sehingga akan terlindungi jika terjadi hal yang tidak diinginkan di negara penempatan.***(Humas/BP3TKI Makassar/Nila)