Wednesday, 21 August 2019

Berita

Berita Utama

BP3TKI Makassar dan OJK Hadirkan Edukasi Keuangan Bagi PMI Purna dan CPMI

-

00.07 5 July 2019 277

Foto bersama usai pelatihan kepada para PMI Purna

Makassar, BNP2TKI (5/7/2019/). Dalam rangka meningkatkan pemahaman para Pekerja Migran Indonesia (PMI)  baik calon PMI maupun PMI Purna mengenai layanan jasa keuangan,  Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  menggelar Edukasi Keuangan bagi PMI.

Edukasi keuangan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa (2/7/2019)  bertempat di Hotel MaxOne Makassar. BP3TKI Makassar mengambil peran dalam menyiapkan peserta,  bersama-sama OJK menjadi panitia,  dan menjadi salah satu narasumber.

Peserta yang berjumlah 100 orang tersebut menerima materi dari OJK,  BPJS Ketenagakerjaan,  Bank BRI,  dan BP3TKI Makassar.

Hadir membuka acara, Deputi Direktur Manajemen Strategis  EPK dan Kemitraan Pemerintah Daerah,  Ahmad Murad yang sekaligus memberikan selayang pandang mengenai tugas, fungsi dan wewenang OJK.

Khusus yang berkenaan dengan PMI,  tugas OJK adalah memastikan peran BPJS ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan pra,  masa,  dan purna penempatan dapat benar-benar terlaksana dengan maksimal. Demikian pula bagi pihak Bank, agar dapat memberikan kemudahan,  kecepatan dan keamanan dalam pengiriman uang atau remitansi. Juga dalam hal pemberian bantuan bagi CPMI dan PMI Purna melalui program KUR. 

Dalam materi yang dibawakannya,  narasumber dari OJK membawakan materi edukasi keuangan,  antara lain Gaya Hidup Hemat, Ingat Menabung,  dan Bijak Dalam Berutang. 

Dari BPJS Ketenagakerjaan,  dijelaskan mengenai program Perlindungan PMI yang mencakup Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian,  dan Jaminan Hari Tua. Sedangkan dari Bank BRI,  disosialisasikan program Remitansi,  dan KUR bagi CPMI dan PMI Purna yang ingin berwirausaha. 

Kepala BP3TKI Makassar,  Mohd Agus Bustami memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap kegiatan ini, dan berharap terjadi sinergitas antara lembaga-lembaga yang berada di bawah pengawasan OJK tersebut dalam rangka meningkatkan kesejahteraan PMI. ***(Humas-BP3TKI Makassar/MA)