Saturday, 19 October 2019

Berita

Berita Utama

BNP2TKI Berpartisipasi dalam Job Fair Smesco Jakarta  

-

00.10 10 October 2019 174

Suasana di booth BNP2TKI dalam Job Fair Smesco Jakarta, Kamis (10/10/2019)

Jakarta, BNP2TKI, Kamis (10/10/19)____BNP2TKI melalui Direktorat Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas Tenaga Kerja Luar Negeri I kembali berpartisipiasi dalam Job Fair Mega Career Expo yang diadakan selama 2 hari yaitu Rabu-Kamis (9-10/10/2019) yang diselenggarakan oleh Garuda Nusantara Kencana di Gedung Smesco Jakarta.  

Job Fair kali ini, BNP2TKI juga menggandeng BP3TKI Jakarta, PT Trias Insan Madani dan PT Millenium Muda Mandiri . Kedua P3MI ini membawa sejumlah job order formal  luar negeri , diantaranya job di sektor manufaktur, konstruksi, health dan hospitality ke berbagai negara seperti Taiwan, Papua New Guinea dan di Timur Tengah seperti Kuwait dan Bahrain. Selain itu juga disampaikan peluang kerja  ke Korea Selatan dan Jepang melalui skema Government to Government (G to G), Pilot Project penempatan PMI ke Taiwan melalui skema Special Placement Program  to Taiwan (SP2T) dengan biaya penempatan yang ditanggung oleh user Taiwan (zero cost), serta peluang ke Jepang melalui skema Specified Skill Worker (SSW) untuk sektor Careworker, Manufacture dan Agriculture.

Job fair diikuti lebih dari 100 perusahaan BUMN nasional dan asing, diantaranya BCA, BNI, Bank Sinar Mas dan AUTO 2000 by ASTRA.

Jumlah pencari kerja (Pencaker) yang hadir dalam job fair pada hari pertama mencapai 5.217 (lima ribu seratus dua puluh tujuh) orang dan diperkirakan akan sama pada hari kedua. Sedangkan, jumlah pencaker yang mengunjungi booth BNP2TKI pada hari pertama mencapai 299 (dua ratus sembilan puluh sembilan) orang. Pencaker sangat antusias dalam menggali informasi peluang kerja luar negeri dari Petugas BNP2TKI. Tingkat pendidikan pencaker bervariasi mulai dari lulusan SMA/SMK /sederajat, D3 dan S1. Rata-rata berminat bekerja di luar negeri untuk meningkatkan perekonomian keluarga dan meraih kehidupan yang lebih baik.

Direktur Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas TKLN I, Ibu Seriulina Tarigan mengatakan bahwa job fair ini merupakan bentuk kehadiran Pemerintah dalam melayani pencari kerja dalam mendapatkan pekerjaan. Salah satu fungsi dari Direktorat Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas TKLN I, Deputi Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Promosi, BNP2TKI,  yaitu fungsi melaksanakan padupadan pencari kerja (Supply) dengan lowongan kerja Luar Negeri (Demand/Job) sektor formal diantaranya adalah melalui kegiatan Job Fair.

 “Adapun indikator keberhasilan dari job fair adalah “matching”. Semoga pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minatnya sehingga dapat mengurangi pengangguran dalam negeri serta dapat meningkatkan perekonian keluarga yang pada ahirnya terwujud pekerja dan keluarganya sejahtera”, ujar Seriulina.

Pelayanan informasi yang ditampilkan melalui booth BNP2TKI yaitu tentang keberadaan Lembaga BNP2TKI, ketersediaan Job beserta syarat dan benefit yang dapat langsung dilamar oleh pencaker yang berminat. Mensosialisasikan penggunaan portal jobsinfo.bnp2tki.go.id sebagai sarana pendaftaran pencari kerja jika ingin melamar job luar negeri dengan cara online yang langsung diasistensi oleh petugas BNP2TKI serta prosedur bekerja ke Luar Negeri secara prosedural.**(Humas/Maria-PH1/Editor:Lily)